Obat Tradisional: Manfaat Lain dari Tumbuhan Daun Iler


Gambar Tanaman Daun Iler. Manfaat dan Khasiat Daun Iler untuk KesehatanTumbuhan Daun Iler termasuk tumbuhan semak yang bisa juga dijadikan sebagai tanaman hias. Tumbuhan Iler mempunyai istilah yang berbeda di beberapa daerah, misalnya saja Kentangan (Jawa), Jawer Kotok (Sunda). Adapun yang berkhasiat untuk pengobatan yaitu bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang tumbuhan iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.

Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi.Bunganya berwarna putih keunguan. Bila dirasakan, tumbuhan ini agak pahit tapi baunya harum. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa.

Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.

Khasiat Daun Iler untuk Pengobatan

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman-pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Obat Wasir
Daun iler segar 25 gram dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, tambahkan 5 gram gula merah, diaduk sampai merata lalu didinginkan dan disaring. Minum sekaligus.

2. Obat Bisul, Abses, Borok
Daun iler segar 10 lembar dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air bersih sampai jadi adonan, dipakai untuk menutup bisul, abses atau borok lalu dibalut. Diganti 2 – 3 kali sehari.

3. Obat Tetes Radang Telinga
Daun iler segar 15 lembar dicuci bersih lalu digiling halus, tambahkan 3 sendok makan air matang. Aduk sampai merata lalu diperas dan disaring dengan sepotong kain. Air perasannya dipakai untuk menetesi telinga yang sakit. Lalukan 4 – 6 kali sehari, setiap kali 2 – 3 tetes.

4. Obat Keputihan
Daun iler segar 7 – 10 lembar dicuci bersih lalu digodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum dengan madu seperlunya. Sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas.

5. Mengobati Gangguan Pencernaan
Daun segar 10 lembar dicuci bersih lalu digodok dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum. Sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas.

6. Obat Sakit Perut atau Mulas
Daun iler segar 6 lembar dicuci bersih dan dibilas dengan air masak. Kunyah dengan garam seperlunya sampai halus, lalu ditelan dan minum air hangat secukupnya. Lakukan 2 – 3 kali sehari.

7. Obat Radang Usus
Daun iler segar 12 helai; Bawang merah (disangrai)1 umbi; Rimpang kunyit 2 g; Herb apatikan cina segar 7 g; Menyan madu 1/2 g; Air 110 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml (infus)atau 1/4 cangkir (pipisan).

8. Obat Setelah bersalin
Daun iler segar 12 helai; Herba jung Rahab (abunya)1 sendok teh; Asam kawak secukupnya; Air secukupnya, Herba jung rahab secukupnya dibakar dan diambil abunya. Ramuan dipipis hingga berbentuk pasta, Ditapalkan di perut.

9. Obat Terlambat haid
Daun iler 6 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum.

10. Mengobati Cacing gelang
Daun Iler segar 7 lembar dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Tambahkan setengah cangkir air minum dan satu sendok makan madu, diperas dan disarng. Minum sehari 2 – 3 kali.


daun iler, khasiat daun iler, berapa kali meminum obat tradisional daun iler, nama lain daun jawer kotok, manfaat daun iler untuk keputihan, gambar tumbuhan iler, gambar tanaman kentangan, gambar tanaman daun iler, dauh iler, warna daun iler obat