Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan


Gambar Ubi Jalar Ungu - Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk KesehatanMungkin saat ini masih ada banyak yang menganggap sebelah mata salah satu makanan yang katanya merupakan biang keladi penyebab kentut ini. Yup, ubi jalar ungu.

Tanaman yang mempunyai nama latin “Ipomea batatas poiret” ini ternyata sudah banyak digunakan orang sebagai bahan membuat bakpao, cake, kue bahkan es krim. Dibandingkan dengan ubi jalar yang lain, ubi jalar ungu ini lebih kaya kandungan vitamin A yang mencapai 7.700 mg per 100 g. Ratusan kali lipat dari kandungan vitamin A bit dan 3 kali lipat dari tomat.

Ubi ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ubi ungu juga mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20%.

Untuk kandungan lainnya yang ada pada ubi ungu adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

Selain itu, ubi ungu juga merupakan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sementara kandungan mineral dalam ubi ungu diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang terkandung pada ubi jalar. Berikut ini diantaranya:

Untuk kekebalan tubuh

Kandungan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor yang ada di dalamnya membuat ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.

Mengatasi peradangan

Kandungan yang ada seperti beta karoten, vitamin C dan magnesium, membuat ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

Halaman: 1 2


manfaat ubi ungu, manfaat ubi jalar, ubi jalar ungu, manfaat ubi jalar ungu, manfaat ubi, khasiat ubi ungu, kandungan ubi jalar ungu, khasiat ubi jalar ungu, manfaat telo ungu, mamfaat ubi