Manfaat Tertawa untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Orang Tertawa - Manfaat Tertawa untuk KesehatanTertawalah Anda Sebelum Tertawa itu Dilarang.

Kalau Anda adalah pecinta film komedi Workop DKI, tentu Anda sering membaca tulisan tersebut disetiap akhir filmnya. Yup, tertawa. Tertawa kelihatannya memang merupakan hal yang sepele.

Namun tertawa ternyata tidak hanya sekedar ekspresi wajah karena perasaan senang. Lebih dari itu, tertawa ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

1. Baik untuk Jantung
Saat tertawa, terjadi peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh, demikian hasil sebuah studi. Penyebabnya adalah karena adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Selain tertawa, kegiatan lain yang bisa membantu meningkatkan endorfin untuk menyehatkan jantung adalah dengan mendengarkan musik favorit dan olahraga.

2. Baik untuk hati
Menonton acara humor di TV bisa meningkatkan 26 kolesterol baik yang ada dalam tubuh, demikian hasil dari penelitian di California, Amerika Serikat. Penelitian tersebut juga dilakukan terhadap para penderita diabetes, yang berhasil menurunkan risiko terkena serangan penyakit jantung dengan menonton acara humor.

3. Meningkatkan imun
Tertawa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres bisa memperkuat kekebalan tubuh. Hasil dari sebuah studi menunjukan bahwa saat tertawa, antibodi bisa memerangi infeksi yang ada dalam tubuh. Penyebabnya adalah karena kadar oksigen meningkat saat Anda tertawa.

4. Mengurangi rasa sakit
Tertawa memang tidak akan bisa menyembuhkan sakit kronis Anda, namun dengan tertawa itu bisa membantu meringankan rasa sakit yang Anda derita. Hasil dari sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut saat mereka sering tertawa.

5. Seperti berolahraga
Tertawa adalah kegiatan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Saat Anda tertawa, wajah Anda akan mengalami peregangan otot, yang akibatnya itu bisa meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Tidak hanya itu, tertawa juga membuat jantung memompa lebih cepat sehingga membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

6. Mengurangi stres
Hasil dari sebuah studi diketahui bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mampu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Selain itu, tertawa juga bisa mengurangi rasa kesepian serta bisa membuat seseorang jadi berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.

7. Mengubah mood yang buruk
Tidak hanya sehat secara fisik, tertawa juga bisa menyehatkan secara batin. Orang yang tertawa membuatnya bisa menahan energi negatif saat suasana hati sedang buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

8. Menjaga keutuhan hubungan
Hubungan komunikasi yang diselingi dengan humor bisa membuat hubungan tersebut jadi lebih menyenangkan, tidak membosankan serta terbebas dari rasa khawatir. Tertawa tidak hanya membantu mengubah cara pandangan seseorang terhadap masalah dari sisi yang menyenangkan, namun juga akan memperkuat hubungan dan kebersamaan.

Tertawa itu pada dasarnya sehat kalau dilakukan oleh orang-orang yang normal. Tetapi kalau tertawa itu dilakukan di pinggir jalan sendirian tanpa ada sebab yang jelas, tentu itu tidak lagi sehat!


manfaat tertawa, apakah manfaat ketawa dalam kehidupan, hubungan tertawa dengan kesehatan, manfaat orang tertawa, tertawa bisa menyembuhkan, tertawa dan kesehatan, tertawa menurut kesehatan, www manfaattertawa