Manfaat Tanaman Brotowali


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Tanaman Brotowali. Manfaat BrotowaliBrotowali, tanaman yang mempunyai nama ilmiah Tinospora crispa (L.) ini terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun, dibalik rasanya yang pahit brotowali ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Tanaman brotowali merupakan tanaman obat yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan terutama dalam penyembuhan berbagai penyakit dalam maupun luar.

Adapun pemanfaatan dari tanaman brotowali ini banyak terdapat pada bagian batang tanaman. Untuk penggunaannya, biasanya bagian batang tanaman perlu direbus terlebih dahulu. Air rebusannya inilah yang nantinya digunakan, semisal untuk mencuci luka.

Kulit-batang tanaman brotowali mengandung zat-zat seperti alkaloid dan damar lunak berwarna kuning, sedangkan akarnya mengandung zat berberin dan kolumbin. Kandungan alkaloid berberina berguna untuk membunuh bakteri pada luka. Zat pahit pikroretin dapat merangsang kerja urat saraf sehingga alat pernapasan bekerja dengan baik dan menggiatkan pertukaran zat sehingga bisa untuk menurunkan panas.

Sebagai obat, brotowali biasa direbus dan diminum ataupun dioleskan pada kulit untuk luka luar. Penyakit-penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan brotowali misalnya rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka. Selain sebagai obat, tanaman brotowali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan, mengurangi rasa sakit dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Di Bali, batang tanaman brotowali dipakai sebagai obat sakit perut, demam dan sakit kuning, bahkan sebagai obat gosok untuk mengobati sakit punggung dan pinggang. Sedangkan, di Jawa, air rebusannya bisa digunakan untuk mengobati demam, obat luar untuk luka, dan obat gatal-gatal.

Tidak hanya di Indonesia, tanaman brotowali juga dikenal di beberapa negara sebagai obat tradisional yang mujarab. Di Filipina misalnya, brotowali dianggap sebagai obat serba bisa yang dapat dipakai untuk mengobati penyakit gila, dan berkhasiat seperti kina. Sementara itu, di Indo-Cina, semua bagian tumbuh-tumbuhan dari brotowali dipakai sebagai obat demam yang dapat menggantikan kinine.


manfaat brotowali, manfaat brotowali bagi kesehatan, manfaat brotowali untuk kesehatan, khasiat brotowali untuk kesehatan, manfaat bratawali buat kshatan, manfaat tanaman brotowali untuk kesehatan, Manfaat tanaman broto wali, manfaat maratowali bagi kesehatan, manfaat tanaman Brotowali bagi kesehatan, manfaat dari brotowali