Manfaat Sirsak untuk Kesehatan


Gambar Buah Sirsak - Manfaat Daun, Biji, Akar, Kulit dan Buah Sirsak untuk KesehatanSampai saat ini masih banyak orang yang meremehkan buah sirsak. Namun tahukah Anda bahwa buah sirsak ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Mengkonsumsi 100 gram daging sirsak bisa memenuhi kebutuhan serta pangan harian tubuh sebanyak 13 persen. Buah yang kaya senyawa fitokimia ini, selain bisa untuk meningkatkan selera makan juga bisa untuk pengobatan nyeri pinggang, penyakit wasir (ambeien) dan juga batu empedu. Selain kandungan air, zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat, salah satunya adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.

Kandungan Vitamin C yang ada pada buah sirsak sekitar 20 miligram per 100 gram, sementara untuk k Kandungan lemaknya sangat sedikit yaitu hanya 0,3g/100g. Selain kaya akan serat pangan (dietary fiber) yakni mencapai 3,3 g/100g daging buah, yang dibutuhkan dalam proses pencernaan, juga kadar sodium (natrium) rendah hanya 14 mg/100 gram. Buah sirsak juga kaya akan potasium (kalium) yakni 278 mg/100 gram, potasium ini baik untuk pencegahan penyakit hipertensi.

Tidak hanya buah sirsak saja yang bermanfaat untuk kesehatan, namun mulai dari daun, bunga, biji, kulit batang, bahkan hingga akar pohon sirsak juga bermanfaat untuk kesehatan.

Daun sirsak banyak mengandung zat antara lain annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin dan gigantetronin. Secara tradisional biasa digunakan antara lain untuk mengobati abses, asma, bronkitis, batuk, diabetes, demam, gangguan empedu, jantung hipertensi, gangguan pencernaan , reumatik hingga tumor.

Bunga pohon sirsak bisa untuk obat pengobatan bronkitis dan batuk. Sementara buah sirsak bisa untuk obat diare, maag, disentri, demam, flu dan menjaga stamina.

Sedangkan bijinya untuk mengobati parasit kulit, sebagai obat cacing dan sudah banyak digunakan untuk insektisida.
Kulit batang pohon sirsak antara lain mengandung atherosperimne, murin dan solamine, yang biasa digunakan untuk pengobatan asma, batuk, hipertensi dan obat penenang serta kejang.

Sedangkan akarnya paling banyak mengandung zat di antaranya annocotacin, annomontacin , muricatin serta reticulatacin. Akar sirsak ini bisa untuk obat penenang dan mengobat kejang-kejang serta diabetis. Khusus diabetis yang digunakan adalah kulit akarnya.