Manfaat Sinar Matahari


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Manfaat Sinar Matahari. Manfaat Sinar Matahari untuk ManusiaSinar matahari tak hanya sekedar menghangatkan, namun juga sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup mahluk hidup di bumi ini. Manfaat sinar matahari tak hanya untuk manusia, namun juga tumbuhan dan hewan tetap membutuhkan adanya sinar matahari. Tanpa adanya sinar matahari, bumi akan menjadi dingin, tumbuhan tidak bisa melakukan fotosintesis, mahluk hidup pun tak akan bisa hidup.

Seperti yang dikutip dari radar lampung, berikut adalah tujuh manfaat sinar matahari bagi manusia:

1. Mengandung Vitamin D
Menerima paparan sinar matahari 5 menit sehari saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.

2. Meredam Kolesterol Darah
Setelah kolesterol di bawah kulit diubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit.

3. Membentuk dan Memperbaiki Tulang
Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang serta mencegah penyakit rakitis dan osteolacia.

4. Kekebalan
Ketika kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Menurut penelitian, 10 menit di bawah matahari satu-dua kali seminggu dapat mengurangi resiko terkena flu hingga 30% – 40%.

5. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri
Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan.

6. Mengurangi Gula Darah
Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk merubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan dalam hati dan otot.

7. Meningkatkan Kebugaran Pernapasan
Sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernapasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.


manfaat matahari, fungsi matahari, manfaat matahari bagi kehidupan, Manfaat matahari bagi manusia, manfaat matahari bagi makhluk hidup, manfaat sinar matahari, kegunaan matahari, manfaat matahari bagi tumbuhan, manfaat sinar matahari bagi kehidupan, manfaat sinar matahari bagi tumbuhan