Manfaat Nasi Beras Merah untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Beras Merah - Manfaat Nasi Beras Merah untuk KesehatanNasi yang terbuat dari beras merah masih kalah populer jika dibandingkan dengan beras putih. Selain karena harganya yang lebih murah, nasi dari beras merah juga sedikit lebih sulit ditelan karena tingginya serat yang terkandung dalam beras merah. Sebenarnya nasi meah itu lebih baik daripada nasi putih. Ada banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita sering mengonsumsi nasi beras merah.

Beras merah mempunyai kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi. Sebagaimana diketahui, vitamin B merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh manusia.

Serat beras merah lebih tinggi daripada beras putih. Serta berfungsi untuk mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.

Dalam beberapa literatur dikatakan, unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik.

Kandungan magnesium yang ada pada beras merah bisa menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan frekuensi migrain, dan juga menurunkan risiko serangan jantung serta stroke, demikian menurut beberapa studi. Secangkir beras merah akan memberi anda 21% keperluan sehari-hari akan magnesium.

Kandungan antosianin yang ada pada beras merah berfungsi sebagai antioksidan, berperan penting baik bagi tanaman itu maupun bagi kesehatan kita. Peran antioksidan untuk kesehatan manusia adalah mencegah penyakit hati (hepatitis), kanker usus, stroke, diabetes, sangat esensial bagi fungsi otak dan mengurangi pengaruh penuaan otak.


manfaat beras merah, khasiat beras merah, manfaat nasi merah, gambar beras merah, manfaat nasi beras merah, kasiat beras merah, Gambar dan manfaat beras merah, kandungan beras merah, mampaat berea merah, Apakah manfaat mengkonsumsi nasi beras merAh