Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Labu Kuning - Manfaat Labu Kuning untuk KesehatanLabu kuning oleh masyarakat Amerika dan beberapa negara lain seringkali digunakan sebagai salah satu atribut perayaan Halloween. Di Indonesia, labu kuning banyak diburu saat musim puasa Ramadhan datang untuk dibuat menjadi kolak ataupun campuran minuman buah segar. Tepung labu kuning bisa diaplikasikan pada beberapa produk pangan, misalnya pada mie, roti, es krim, biskuit, cake, dan lain-lain. Daging buah labu kuning bisa dimanfaatkan langsung melalui beberapa tahap pengolahan menjadi keripik dan stick labu kuning.

Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Kuning
Berat buah labu kuning bisa mencapai 3-5 kg. Biasanya buah ini memiliki warna hijau dan warna kuning pucat. Buah Labu kuning atau yang berwarna orange memiliki karotenoid yang sangat tinggi. Karotenoid dalam buah labu sebagian besar memiliki beta-carotene yang merupakan sumber antioksidan, yang mampu mencegah penuaan dini dan kanker.

Labu kuning juga memiliki kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh, zat besinya berfungsi untuk pembentukan darah, kaliumnya berguna untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh serta labu kuning juga mengandung serat yang berfungsi untuk pencernaan tubuh

Labu kuning juga diketahui mengandung cukup banyak potassium, yaitu mineral yang disebut-sebut mampu menurunkan risiko terkena hipertensi.

Mineral lainnya yang terkandung dalam labu kuning adalah zinc, yang mampu meningkatkan system imun (pertahanan) tubuh. Belum lagi kemampuannya menurunkan risiko osteoporosis, karena zinc berperan dalam mendukung kepadatan tulang.

Kandungan serat di labu kuning yang cukup tinggi sangat berguna dalam kesehatan pencernaan untuk mengurangi resiko sembelit. Selain itu, menurut hasil penelitian, bahwa serat juga bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Air buah labu kuning berguna sebagai penawar racun binatang dan bijinya dapat menjadi obat cacing pita. Air perasan buahnya juga bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan tradisional karena memiliki warna kuning akibat dari kandungan betakaroten.

Selain dagingnya, biji labu kuning juga mempunyai manfaat, yakni untuk meringankan gejala arthritis, karena di dalamnya terkandung zat anti-peradangan.

Cara sederhana mengonsumsi buah labu kuning yaitu diolah dengan dipotong, dikupas, dipanggang dan dibubuhi minyak zaitun, garam, dan merica sebagai hidangan sederhana yang lezat. Biji labu atau biasa disebut dengan pepitas, dapat Anda temukan di supermarket terdekat. Biasanya biji labu tersedia dalam bentuk instan yang bisa langsung dimakan.


khasiat labu kuning, manfaat buah waluh oranye, manfaat labu kuning untuk kesehatan, labu orange, Manfaat Labu Orange, manfaat waluh kuning, manfaat waluh orange, sejarah pohon labu kuning, khasiat labu, Manfaat dari labu untuk kesehatan