Manfaat Kubis untuk Kesehatan


Gambar Kubis atau Kol - Manfaat Sayur Kubis atau Kol untuk KesehatanKubis atau orang biasanya menyebut dengan kol adalah termasuk jenis sayuran dalam keluarga Brassica seperti brokoli, kembang kol, dan juga kecambah brussels. Kol atau kubis ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Kubis merupakan salah satu bahan utama untuk menu pecel atau biasa juga disajikan sebagai lalapan.

Cara mengonsumsi kubis untuk mendapatkan manfaat terbaik adalah dimakan mentah. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam sayuran kubis, yaitu:

Merawat kulit

Kubis banyak mengandung antioksidan yang terdapat berkhasiat untuk membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkanoleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut berpotensi menghadirkan tanda-tanda penuaan.

Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada kubis berfungsi sebagai perangsang sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Mencegah kanker kanker

Kubis memiliki beberapa sifat yang efektif untuk melawan kanker seperti lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan juga sulforaphane. Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita di China ditemukan bahwa, mengkonsumsi kubis akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

Meningkatkan sistem imun

Kubis mengandung Vitamin C yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Mengurangi resiko katarak

Katarak biasanya terjadi pada usia mulai senja. Kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kubis bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko seseorang terkena penyakit katarak.

Mengatasi radang lambung

Jus kubis mampu mengatasi gejala radang lambung, demikian hasil temuan sebuah studi dari Stanford University School of Medicine. Hal ini disebabkan adanya kandungan glutamin yang tinggi di dalam kubis.

Masih belum tertarik juga makan sayur kubis?


gambar sayur kol, Foto atau gambar kubis, sayuran kol, sayur kol, manfaat kubis, manfaat kol, manfaat kobis, Kol sebagai manfaat, gambar sayur kubis, gambar kol
You might also likeclose