Manfaat & Khasiat Buah Sawo untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Buah Sawo. Manfaat dan Khasiat Buah SawoSawo manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah yang berumur panjang. Kebanyakan buah sawo dimakan dalam keadaan segar sebagai buah meja. Akan tetapi sawo dapat pula diolah menjadi serbat (sherbet), dicampurkan ke dalam es krim, atau dijadikan selai. Sari buah sawo dapat dipekatkan menjadi sirup, atau difermentasi menjadi anggur atau cuka. Getahnya dapat dijadikan lem ataupun pernis.

Daging buah sawo yang matang memiliki rasa yang manis dan banyak air. Kulitnya bisa ikut dimakan dengan tekstur agak kasar. Namun, pada daging buah setengah matang rasa yang dominan justru getah yang kesat dan terasa tebal di lidah.

Daun dan batang sawo mengandung flavonoida. Pada daun juga terkandung saponin. Flavonoida dan saponin berperan dalam menyerap air dalam tubuh dan menghambat diare.

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah sawo menjadikan buah sawo bisa menjadi obat sembelit.

Sawo juga memiliki kandungan tanin yang bermanfaat sebagai anti peradangan, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Selain itu, sawo juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A penting untuk penglihatan, sementara vitamin C berperan sebagai antioksidan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh.


manfaat buah sawo, manfaat sawo, khasiat buah sawo, manfaat buah sawo bagi kesehatan, khasIat sawo, kasiat buah sawo, kandungan buah sawo, manfaat buah sawo untuk kesehatan, buah sawo, khasiat buah sawo matang