Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Kacang Merah - Manfaat Kacang Merah untuk KesehatanKacang merah masuk adalah termasuk jenis kacang-kacangan yang bisa dengan mudah ditemukan, bahkan di pasar-pasar tradisional dan harganya pun juga relatif murah.

Kacang merah sering dipergunakan untuk beberapa masakan, seperti sup, rendang, dan juga kue-kue, kini bahkan umum digunakan untuk makanan bayi mengingat kandungan nilai gizinya yang tinggi, terutama sebagai sumber protein

Kandungan Gizi pada Kacang Merah

Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian.

Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah mempunyai banyak sekali kandungan zat antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Semakin banyak zat antioksidan yang dikonsumsi, maka akan semakin banyak juga radikal bebas yang bisa dihancurkan.

Kacang merah merupakan bahan makanan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Selain bisa untuk menurunkan kolesterol, kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah juga baik untuk mencegah tingginya gula darah. Perlu diketahui bahwa setiap 100 gram kacang merah kering, bisa menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dalam air dan serat yang tidak larut air.

Halaman: 1 2


Manfaat kacang merah, gambar kacang merah, kacang merah, kandungan kacang merah, kegunaan kacang merah untuk bahan masakan, kandungan magnesium pada kacang merah, manfaat air kacang merah yang di rebus, manfat kacang merah, foto kacang merah, manfaat kacang merah untuk bayi