Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Jambu Biji - Manfaat Jambu Biji untuk KesehatanJambu biji mempunyai ciri kulit berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kuning setelah masak. Daging jambu biji ada yang berwarna putih kekuningan dan ada yang berwarna merah. Sesuai dengan namanya, jambu biji mempunyai biji yang sangat banyak. Bijinya inilah yang dipercaya bisa membuat seseorang terkena usus buntu.

Jambu biji enak untuk dibuat jus, sebagai minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Kandungan yang ada pada jambu biji seperti Vit C, A, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut beberapa manfaat jambu biji untuk kesehatan:

1. Rebusan daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus, yang digunakan sebagai dasar penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare akibat infeksi (Yuniarti, 1991).

Cara mengobati diare atau mencret menggunakan jambu biji yaitu rebuslah daun jambu biji kering sebanyak 15-30 gram ke dalam 150-300 ml air. Patokannya adalah setiap satu gram daun kering direbus dalam 10 ml air. Lama perebusan sekitar 15 menit, dihitung sejak air mendidih. Hasil rebusan kemudian disaring, dan airnya diminum sebagai obat diare.

2. Kandungan kalium pada jambu biji segar lebih banyak jika dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

3. Jus jambu biji mentah atau daun jambu biji sangat membantu meringankan batuk dan flu dengan melonggarkan pernapasan, desinfektan saluran tenggorokan, mengurangi lendir, pernapasan dan paru-paru serta menghambat aktivitas mikroba.

4. Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki kemampuan desinfektan serta anti bakteri yang bermanfaat membantu penyembuhan disentri karena mikroba dengan cara menghambat pembentukan lendir-lendir dari aktifitas bakteri penyebab disentri di usus. Astringent adalah senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar setelah mengunyah daun jambu biji atau makan jambu biji mentah.

Halaman: 1 2


ciri ciri dan manfaat jambu biji, ciri ciri buah jambu biji, www manfaat jambu buat penyembuhan, jambu bijiciri ciri, ciri-ciri jambu biji, ciri-ciri dan manfaat daun jambu biji, ciri kandungan dan manfaat jambu biji, ciri jambu biji, ciri dan manfaat jambu merah, ciri ciri jambu biji dan manfaanya