Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan


Gambar Pohon Kenikir - Manfaat Daun Kenikir untuk KesehatanKenikir mempunyai nama ilmiah cosmos caudatus kunth. Kenikir merupakan tanaman perdu yang berdaun majemuk yang bersilangan dan berhadapan. Berbau khas, berbunga majemuk dan berakar tunggang. Daunnya berbentuk panjang-panjang dengan bunga berwarna kuning sedikit oranye, merah, jingga, atau kuning. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan liar, karena hampir banyak di jumpai sebagai hiasan pagar.

Daun Kenikir biasanya disantap sebagai sayuran urap, sayuran pelengkap dalam nasi pecel. Rasanya nikmat dengan bau yang khas pula. Sehingga banyak orang yang menggemari sayur daun kenikir.

Daun kenikir ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional. Selain di santap dengan sambel pecel, kenikir juga enak disantap sebagai lalapan dengan sambal goreng tomat.

Daun kenikir mempunyai banyak manfaat dan berkhasiat sebagai obat lemah lambung, penguat tulang dan penambah nafsu makan. Daun kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium dan vitamin A.

Manfaat lain daun kenikir yaitu mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dipercaya memicu banyak penyakit karena faktor lingkungan, seperti kanker dan jantung. Pada daun kenikir, kandungan flavonoidnya merupakan zat antioksidan paling efektif menangkal zat jahat tersebut. Karena hal ini, daun kenikir disebut sebagai agen kemopreventif.

Bunga kenikir yang ditumbuk, lalu ditambah dengan cuka dapat digunakan sebagai tapal. Dengan penggunaan yang rutin, tapal bisa digunakan sebagai obat gondongan juga pembengkakan pada payudara.

Selain berkhasiat sebagai obat, bunganya dapat digunakan sebagai pengusir serangga dengan aromanya yang khas dan menyengat.

Tanaman ini juga mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Minyak atsiri diketahui sebagai bahan dasar dari minyak wangi yang mempunyai aroma khas dan mudah menguap.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dari Universitas Negeri Yogykarta menemukan bahwa ekstrak daun kenikir (Tagetes erectus) bisa sebagai alternatif antibakteri Staphylococcus epidermidis pada deodoran “parfume spray”.


manfaat daun kenikir, daun kenikir, manfaat kenikir, manfaat daun suring, manfaat sayur kenikir, khasiat daun kenikir, kenikir, daun suring, manfaat daun keningkir, kasiat daun kenikir