Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Buah Semangka. Manfaat Buah Semangka untuk KesehatanSemangka atau dalam bahasa latin disebut dengan citrullus lanatus ini kaya akan kandungan air yang mencapai 92%. Sehingga buah ini sangat baik untuk melawan rasa haus dan mengatasi dehidrasi.

Semangka mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik. Adapun kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram buah semangka yaitu protein 0,9 gr, karbohidrat 11,6 gr, vitamin A 876 IU, vitamin C 12,5 mg, kalsium (Ca) 10,8 mg, magnesium (Mg) 15,4 mg dan fosfor (P) 16,9 mg.

Selain bermanfaat untuk kecantikan (baca manfaat semangka untuk kecantikan), buah semangka juga banyak mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Obat kuat alami untuk pria
Buah semangka mengandung likopen yang menyumbangkan kasiat khusus untuk pria menikah. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam buah semangka mempunyai efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi yang ini sama sekali tanpa efek samping.

2. Sebagai antioksidan
Semangka kaya akan likopen. Selain baik untuk kesehatan jantung dan tulang, likopen juga berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, likopen mempunyai manfaat untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Bagi pengidap hipertensi, buah semangka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Kandungan air, magnesium dan kalium yang tinggi pada buah semangka bisa menetralisasi dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu adanya karotenoid dalam buah semangka juga bisa mencegah pengerasan pada dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga bisa membantu mengurangi tekanan darah.

4. Mencegah penuaan dini
Antioksidannya termasuk beta-karoten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Beta-karoten, yang dikenal sebagai anti oksidan yang sangat baik juga membuat Anda tetap berjiwa muda dan mencegah penuaan dini. Likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.

Bagi orang lanjut usia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

5. Membersihkan ginjal
Semangka juga mengandung banyak sekali kalium yang sangat membantu dalam pembersihan racun-racun di ginjal. Selain itu, semangka juga sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal lebih dapat diminimalisir.

6. Meningkatkan kesehatan mata
Semangka kaya akan vitamin A dan beta-karoten sehingga dapat memaksimalkan kesehatan mata. Rutin mengonsumsi buah semangka dapat menjauhkan Anda dari rabun ayam.

Adanya beta-karoten, vitamin-C, Lutein dan Zeaxanthin dalam buah semangka bisa menjadi alat perlindungan mata dari degenerasi makula terkait usia (Age Related Macular degeneration atau ARMD), penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut. Selain itu juga melindungi mata dari penyakit lainnya seperti pengeringan air mata dan saraf optik, glaukoma, dll.

7. Mencegah kanker
Kandungan likopen yang ditemukan pada buah semangka sangat efektif dalam mencegah kanker karena mampu memperbaiki dan memperbaharui jaringan yang rusak.

Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tidak masalah, justru sangat baik karena dapat menyusutkan resiko terkena kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu juga dengan kanker prostat.


gambaar buah semangka dan manfaatnay, kasiat buah semangka, manfaat buah semangka