Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Buah Salak - Manfaat Buah Salak untuk KesehatanBuah salak mempunyai nama latin Salacca Edulis. Buah salak mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi seperti kalsium, flavonoida, saponin, dan tanin. Dalam setiap 100 gr buah salak mengandung Kalori (77 kal), Protein (0,40 g), Karbohidrat (20,9 g), Kalsium (28 mg), Fosfor (18 mg), Zat besi(4,2 mg), Vitamin B (0,04 mg), Vitamin C (2 mg) dan Air (780 mg) dengan jumlah bagian yang bisa dimakan hanya 50%.

Dengan banyaknya nutrisi serta gizi yang terkandung dalam buah salak, maka buah salah sangat baik untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat buah salak di antaranya:

Obat diare atau mencret
Kandungan zan tanin dala buah salak sangat baik untuk mengobati diare. Namun untuk ibu hamil sebaiknya menghindari makan buah salak, karena bisa menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar (BAB). Kalaupun ibu hamil ingin makan buah salak, sebaiknya jangan membuang kulit ari (kulit tipis yang menempel pada buah salak) karena mengandung serat yang cukup tinggi, dimana sangat membantu sekali dalam proses memperlancar BAB.

Baik untuk kesehatan mata
Betakaroten yang ada dalam buah salak sangat baik untuk kesehatan mata. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen Kesehatan RI menyebutkan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak lebih banyak 5,5 kali dari buah mangga, 3 kali dari buah jambu biji dan 5 kali dari buah semangka merah. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran wortel, yang notabene sangat berkhasiat untuk kesehatan mata.

Baik untuk Diet
Banyaknya kandungan zat gizi dan fitonutrien yang ada di dalam buah salak berpotensi membantu program diet. Di dalam buah salak terdapat vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan serat. Kita mengetahui bahwa serat dapat memberikan rasa penuh atau kenyang lebih lama karena memerlukan waktu untuk diserap oleh usus.

Catatan: Selain buah salak kurang baik untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan konstipasi, buah salak juga tidak dianjurkan bagi penderita maag dan radang usus karena tannin dalam buah salak dapat memperparah kondisi usus yang luka dan sulit dicerna.


manfaat buah salak, manfaat salak, manfaat dan kandungan buah salak, kandungan vitamin salak, kandungan pada salak, salak untuk diare, fungsi salak untuk kesehatan, kandungan dlm buah salak, manfaat makan buah salak dan vitamin apa yg ada pada buah salak, manfaat dan bentuk buah salak