Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan


Gambar Buah Leci - Manfaat Buah Leci untuk KesehatanBuah leci. Tentu Anda sudah mengenal buah mungil ini bukan?

Buah leci termasuk dalam buah subtropis yang berasal dari daratan Cina. Buah leci mempunyai ciri-ciri warna merah ungu setelah masak, dan warna hjau saat masih mentah. Jika diperhatikan, tampilan luarnya sedikit mirip dengan buah strawberry.

Kandungan air pada buah leci cukup tinggi, yaitu sekitar 77-83 persen. Untuk setiap 100 gram buah leci, mempunyai kadar energinya mencapai 66 kkal, dan kandungan karbohidratnya mencapai 16,53 gr. Sebagian besar energi pada buah leci berasal dari karbohidrat (gula), yaitu sebesar 59,9 kkal, sisanya dari protein dan lemak berturut-turut sebesar 2,8 kkal dan 3,7 kkal.

Vitamin yang paling menonjol yang terkandung dalam buah leci adalah vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gr daging buah. Dengan mengonsumsi 100 gr buah leci, Anda sudah dapat memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C sangat baik untuk mencegah pendarahan, sangat baik bagi kesehatan jantung Anda. Buah dengan kulit luar berwarna merah ini juga mempunyai kandungan vitamin lain seperti vitamin B6 yang membantu metabolisme tubuh, demikian yang dilansir Livestrong.

Kandungan sukrosa dan glukosa pada buah leci juga melimpah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah leci pada malam hari bisa menambah cadangan energi untuk keesokan harinya. Kandungan gula yang terkandung pada leci umumnya mencapai 10-13 persen. Leci juga merupakan sumber serat pangan (dietary fiber), yaitu sekitar 1,3 gr per 100 gr daging buah.

Leci juga mengandung mineral yang paling tinggi, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium, fosfor, dan magnesium merupakan tiga serangkai mineral penting untuk pembentukan tulang dan kerangka tubuh yang normal. Zat ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan dan juga orang dewasa untuk menghambat laju osteoporosis. Tembaga merupakan salah satu mineral antioksidan untuk menjaga mekanisme tubuh dalam mengeliminasi radikal bebas. Selain itu tembaga juga bermanfaat bagi sel darah merah Anda.

Satu lagi manfaat lain dari buah leci, adalah kaya polifenol. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang menghindarkan Anda dari kanker, diabetes, melawan penyakit jantung dan penuaan dini. Jadi tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah leci segar dan dapatkan manfaatnya.


ciri-ciri buah lechi, apa manfaat buah stroberi dan leci?, www ciri-ciri buah leci, khasiat yg terkandung dalam buah leci, Kandungan gizi 100 gr leci, Kandungan gizi 100 gr buah leci, Kandungan 100 gr buah leci, kadar vitamin c pada leci, gambar buah lecy, gambar buah leci