Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Air Kelapa Muda - Manfaat Air Kelapa Hijau Muda untuk Ibu HamilAir kelapa muda sejak dulu dipercaya oleh masyarakat sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Air kelapa muda dan juga dagingnya yang biasa disebut “degan” dipercaya bisa membuat kulit bayi bersih, mata bayi bersih dan rambut bayi lebat saat dilahirkan nanti.

Ternyata mitos tentang manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil itu bukan sekedar omong kosong belaka. Banyak ahli kesehatan dan gizi yang telah mencoba menganalisis kandungan air kelapa dan terbukti mengandung zat-zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, baik ibu hamil ataupun siapa saja.

Secara umum, air kelapa mengandung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Komposisi gizi yang demikian bagus menyebabkan air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba, misalnya Acetobacter xylinum untuk produksi nata de coco.

Untuk ibu hamil, agar kesehatan bayi tetap terjaga, disarankan agar rajin mengonsumsi air kelapa muda setiap hari, terutama kelapa hijau. Berikut ini beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil:

1. Elektrolit alami
Air kelapa merupakan minuman isotonik yang memiliki keseimbangan level yang sama dengan darah kita. Beberapa produsen minuman kini berlomba-lomba mempromosikan air air kelapa dalam kemasan sebagai minuman isotonik alami. Air kelapa muda mengandung elektolit, klorida, kalsium, potassium (kalium), magnesium, sodium. Kalium (potassium) berperan penting dalam menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Air kelapa juga mengandung protein, serat, mangan, riboflavin, dan vitamin C. Semuanya sangat berperan dalam menjaga stamina dan meningkatkan metabolisme tubuh ibu hamil.

2. Penawar racun
Air kelapa muda itu sangat steril dan murni, mengandung asam lauric yang berperan dalam melawan penyakit. Asam lauric juga terdapat dalam air susu ibu, yang artinya juga lebih baik dari susu bayi kalengan, yang mampu menawarkan racun dalam darah, termasuk virus, jamur dan mikroba lainnya. Air kelapa ini meningkatkan sistem imun yang mengurangi resiko diabetes, kanker, dan penularan HIV yang mungkin terjadi pada ibu maupun janin.

3. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) ibu hamil
Asam laurat yang terkandung dalam air kelapa memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri dan anti-virus yang melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita hamil. Sistem imun tubuh yang meningkat tentunya akan menjadi benteng pertahanan tubuh terhadap serangan berbagai infeksi penyakit sehingga kesehatan ibu dan janin akan lebih terjaga.

4. Baik untuk pencernaan
Pada masa kehamilan, hormon progesteron memperlambat kontraksi otot lambung yang berakibat lambatnya pencernaan. Dengan mengkonsumsi air kelapa, proses pencernaan akan berjalan lancar seperti bisanya. Air kelapa ini juga mengandung nutrisi dan oksigen yang mudah terserap dalam sel tubuh.

Air kelapa juga dapat meningkatkan fungsi usus dan kesehatan pencernaan, serta dapat membantu meringankan sembelit, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami wanita hamil.

Halaman: 1 2


manfaat air kelapa untuk ibu hamil, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, air kelapa untuk ibu hamil, nata de coco untuk ibu hamil, manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil, khasiat air kelapa bagi ibu hamil, manfaat kelapa muda untuk ibu hamil, kelapa muda untuk ibu hamil, khasiat air kelapa untuk ibu hamil, manfaat air kelapa bagi ibu hamil