Cara Merawat Lensa Kontak


Cara Merawat Contact Lens atau Lensa KontakPenggunaan lensa kontak kini sudah menjadi sebuah trend. Awalnya lensa kontak dibuat dan digunakan untuk membantu penglihatan penggunananya, namun kini orang dengan penglihatan normal pun menggunakan lensa kontak untuk mempercantik wajah, khususnya area mata.

Dengan alasan membuat mata terasa lebih nyaman, karena langsung menempel pada kornea mata, maka banyak orang yang lebih memilih lensa kontak daripada harus menggunakan kaca mata. Selain itu, menggunakan lensa kontak juga tidak berat dan memungkinkan pemakainya bebas melakukan aktivitas. Semua keunggulan ini tentu tidak bisa didapatkan pada kaca mata.

Dengan begitu banyaknya kelebihan yang dimiliki lensa kontak, bukan berarti lensa kontak tidak memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan lensa kontak adalah lensa kontak berpotensi menimbulkan iritasi mata jika tidak dirawat sebagaimana mestinya.

Agar efek buruk penggunaan lensa kontak tidak sampai terjadi pada Anda, Anda bisa menyimak tips merawat lensa kontak dari product manager Acuvue, Maria Veronica Simanjuntak, berikut ini:

  1. Saat memakai dan melepas lensa kontak, pastikan tangan dalam keadaan bersih.
  2. Bersihkan terlebih dahulu lensa kontak dengan menggunakan cairan khusus multipurpose solution sebelum dan setelah memakainya.
  3. Jika lensa kontak sedang tidak dipakai, letakkan di tempat lensa. Jangan menyimpan lensa kontak di sembarang tempat.
  4. Gantilah cairan di tempat lensa setiap hari. Begitu juga dengan tempat lensanya, harus dicuci dengan sikat khusus.
  5. Pastikan sebelum tidur Anda melepas lensa kontak, agar mata beristirahat dan rileks saat Anda tidur.
  6. Gantilah lensa kontak Anda sesuai dengan masa kedaluwarsa yang tercantum di kemasan. Ada lensa kontak yang bisa dipakai untuk jangka waktu satu bulan, dua minggu, ada pula yang hanya sehari (sekali pakai).
  7. Bagi Anda yang mempunyai mata sensitif (mudah iritasi) atau malas membersihkan lensa, sebaiknya Anda menggunakan lensa kontak sekali pakai. Penggunaan lensa kontak sekali pakai ini lebih praktis ketimbang Anda harus membawa-bawa cairan pembersih kontak lensa.
  8. Jika mata Anda terlanjur mengalami iritasi mata berkelanjutan, seperti mata merah atau gatal-gatal, lebih baik segera ke dokter mata.

Semoga informasi cara merawat lensa kontak di atas dapat bermanfaat.