Berbagai Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan


Bagikan hanya KALAU bermanfaat ke:
Facebook | Twitter | Google +

Gambar Ketumbar. Manfaat dan Khasiat KetumbarKetumbar atau disebut juga Cilantro, yang dalam bahasa latin disebut dengan Coriandrum sativum ini merupakan tumbuhan rempah-rempah yang cukup populer dan biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bumbu masakan di Indonesia. Bentuk ketumbar ini mirip seperti lada.

Selain sebagai bahan bumbu masakan, ketumbar juga mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat. Misalnya saja jika Anda sudah lama tidak bisa kentut, dengan menggunakan ketumbar masalah tersebut bisa diatasi.

Salah satu kandungan yang ada dalam ketumbar adalah vitamin K. Kandungan vitamin K yang dimiliki ketumbar berpotensi dalam membangun massa tulang. Mengonsumsi vitamin K secara seimbang akan memberi dukungan pada kesehatan tulang dalam tubuh.

Pada bijinya, ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami.

Daun ketumbar tercatat menyimpan vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Ketiganya berguna untuk mendukung kesehatan rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar juga menjadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium.

Pemanfaatan ketumbar diambil dari daun, biji dan buahnya. Disebutkan pula, ketumbar mengandung lemak dan abu. Sedangkan dalam catatan ensiklopedi Wikipedia disebutkan, khasiat ketumbar tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Dalam buku Top 100 Tanaman Obat Tradisional, Tri Widayat menuliskan, ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).

Untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus kemudian ditambah dengan beberapa bahan lain, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, influenza, batuk, memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur, dan haid.

Sedangkan untuk pengobatan luar, biasanya ketumbar dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur air dan bahan lain. Ramuan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini dilakukan untuk perut kembung dan sakit kepala.


manfaat ketumbar untuk kesehatan, ketumbar, manfaat ketumbar bagi kesehatan, kegunaan ketumbar, khasiat ketumbar untuk kesehatan, manfaat air rebusan ketumbar, manfaat konsumsi ketumbar, kegunaan ketumbar untuk kesehatan, mamfaat ketumbar, manfaat ketumbar bagi tubuh