Berbagai Manfaat Jagung yang Perlu Anda Tahu


Gambar Jagung. Manfaat dan Khasiat JagungJagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak dikonsumsi selain gandum dan padi. Nama latin jagung adalah Zea mays L. Jagung banyak mengandung karbohidrat, serat dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Dalam setiap 100 gram jagung, terkandung gizi 355 Kalori, 9,2 gr protein, 73,7 gr karbohidrat, 10 mg kalsium, 256 mg fosfor, 2,4 mg ferrum, 510 SI vitamin A, 0,38 mg vitamin B1 dan air sebanyak 12 gr.

Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

Jagung bisa diolah menjadi berbagai masakan yang enak, seperti direbus, dibakar maupun dijadikan sebagai pop corn. Dibalik rasanya yang lezat, jagung ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Melancarkan ASI
Untuk ibu-ibu sepertinya wajib mengonsumsi jagung rebus, karena jagung rebus berguna untuk memperlancar air susu ibu.

2. Melancarkan pencernaan
Jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.

3. Melancarkan air seni
Jagung kaya kalium yang bersifat diuretik (melancarkan air seni) sehingga bisa mengatasi iritasi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat, dan mencegah batu ginjal.

4. Mencegah anemia
Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

5. Merawat kulit
Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam.

6. Mengontrol kolesterol
Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

7. Baik untuk ibu hamil
Jagung menyediakan sumber yang kaya asam folat sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Mengonsumsi jagung dapat mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.


manfaat jagung, manfaat jagung rebus, jagung mengandung zat, manfaat biji jagung, khasiat jagung rebus, manfaat dari jagung, Khasiat jagung, manfaat buah jagung, manfaat jagung untuk anak, jagung rebus untuk ibu hamil